JAKARTA, SENTRALONE.COM – Aksi maraknya aksi teror bom di sejumlah tanah air Indonesia menjadi sorotan berbagai kalangan, baik nasional maupun internasional, tak terkecuali pengacara kondang Mochamad AA, SH, M.Hum.

Menurutnya, serangan terorisme tersebut tidak hanya mengoyak nilai-nilai kemanusiaan, tetapi juga melukai persatuan dan kesepakatan-kesepakatan yang membentuk kebangsaan Indonesia. diharap agar Undang-Undang Terorisme segera disahkan. Jika tidak disahkan (UU Terorisme) Presiden segera keluarkan Perpu Antiterorisme. Tujuannya agar aparat dapat lebih maksimal dalam menangani kelompok teroris.

“Terorisme adalah musuh bersama bangsa ini, karena berusaha meruntuhkan rumah kebangsaan kita, untuk itu Presiden kami minta mengeluarkan Perppu Antiterorisme kalau RUU tak segera disahkan,” ujar AA sebagaimana panggilan publik di Jakarta, Senin (21/5/2018).

AA menjelaskan, UU Terorisme yang seharusnya menjadi acuan dalam penanganan dan pencegahan terorisme belum tersusun dengan baik. Karena dari berbagai pihak ada saling melakukan tarik ulur dalam pembahasan tersebut.

“Tidak disahkan (UU Terorisme) karena dari berbagai pihak ada semacam tarik menarik. Ingin menjadi leading sektornya tapi saya kira kalau tidak segera dibereskan kepentingan nasional yang menjadi korban, ” kata AA.

AA menambahkan, apabila UU Terorisme yang baru sudah disahkan akan menciptakan sinergisitas dalam penanganan terorisme. Dan memerjelas tugas dan fungsi masing-masing instansi seperti TNI, Polri, Badan Nasional Penanggulangan Teror (BNPT) maupun Badan Intelijen Negara (BIN). Bahkan aparat bisa melakukan tindakan penangkapan secara langsung jika seseorang telah diketahui berafiliasi dengan kelompok teroris tertentu, termasuk langsung menindak seseorang atau kelompok yang diketahui memiliki barang bukti seperti bom maupun senjata api ilegal.

Masih kata AA bahwa seperti peristiwa bom bunuh diri di Surabaya merupakan puncak gunung es. Banyak persoalan terorisme yang tidak terdeteksi. Hal ini menunjukkan masifnya gerakan kelompok teroris. Maka UU Terorisme sangat dibutuhkan untuk melawan kelompok teroris.

“UU penting, secepatnya disahkan sebab untuk melakukan pengamanan, jika tak segera disahkan, Presiden kami minta mengeluarkan Perppu Antiterorisme,” ujarnya.

Editor : Far

LEAVE A REPLY