MANILA – Abu Sayyaf dilaporkan telah membebaskan tiga dari delapan sandera asal Indonesia  yang mereka tahan. Pembebasan itu dilaporkan terjadi pada Sabtu malam.

Dibebaskannya tiga sandera asal Indonesia itu dibenarkan oleh juru bicara Front Pembebasan Nasional Moro (MNLF), Profesor Samsula Adju. Saat ini, menurut Adju, ketiga sandera asal Indonesia sudah bersama Nur Misuari.

“Ya, mereka dibebaskan kepada MNLF oleh kelompok Abu Sayyaf,” ucap Adju seperti dilansir Strait Times pada Minggu (18/9). Dia menambahkan, ketiga sandera asal Indonesia akan diserahkan kepada pemerintah Indonesia pada hari ini.

Sementara itu, menurut Profesor Octavio Dinampo, seorang profesor universitas yang berbasis di Sulu, mengidentifikasi ketika sandera yang dibebaskan sebagai Lorens Koten, Theodores Kopong dan Emmanuel tertentu.

“Saya mendengar sekitar 30 juta peso (sekitar Rp 8,2 miliar) dibayarkan kepada Abu Sayyaf (untuk pembebasan ketiganya),” kata Prof Dinampo, dilansir dari sindonews.com

Pembebasan ketiga sandera asal Indonesia itu berlangsung tidak lama setelah Abu Sayyaf memebaskan sanndera asal Norwegia, Kjartan Sekkingstad. Warga Norwegia itu dibebaskan setelah diduga ditebus sebesar 30 juta peso.

[her]

LEAVE A REPLY