BONDOWOSO, SENTRALONE.COM – Wisata alam Air Terjun Batu Menangis Sulaiman yang mengeluarkan air dari tebing batu setinggi 25 meter masih menjadi pilihan para warga untuk berlibur di Kabupaten Bondowoso.

Desitinasi wisata yang ditemukan warga ini, kini ramai dikunjungi, utamanya saat akhir pekan.

Berjarak sekitar 200 meter dari Balai Desa Glingseran Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso. Pengunjung akan diantar petugas peduli wisata desa menuju Air Terjun Sulaiman, melewati pematang sawah dengan nuansa pedesaan.

Jalan berliku dan menurun akan terbayar ketika mendengar deru Air Terjun Batu Menangis Sulaiman. Diberi nama Sulaiman karena konon beberapa tahun silam ada seorang pertapa bernama Sulaiman melakukan meditasi di bawah lokasi air terjun selama beberapa bulan.

Sedangakan julukan batu menangis, karena destinasi air terjun ini terbentuk dari tebing batu setinggi 25 meter dan panjang 10 meter. Lalu mengeluarkan air dari sela-sela batu, sehingga terlihat melebar dengan arus deras meski air sungai dari atas berarus kecil.

Puluhan wisatawan datang mengaku tertarik ke lokasi air terjun setelah melihat foto  di media sosial. Tak hanya dari Kabupaten Bondowoso, para pengunjung dari luar kabupaten seperti Lumajang, Situbondo dan Jember.

Menurut Sulaedi Kepala Desa Glingseran, di lokasi tersebut juga ada Pelataran Dewi Rengganis berupa hamparan batu dengan beberapa cekungan dengan sumber mata air jernih yang menjadi tempat warga mengambil air untuk minum.

“Untuk kenyamanan pengunjung, di lokasi ini juga dibangun beberapa gazebo, kuliner khas desa, dan jembatan gantung langsung menuju air terjun,” kata Sulaedi.

[sun]

LEAVE A REPLY