Bea Cukai Juanda Gagalkan Penyelundupan 940 Gram Sabu

93 Kali Dilihat 0 Komentar

Bea Cukai Juanda Gagalkan Penyelundupan 940 Gram Sabu

SURABAYA, SENTRALONE.COM - Petugas Bea dan Cukai Tipe madya Pabean ,Juanda, Surabaya kembali berhasil amankan Sabu-sabu 940 gram dari Malaysia.

Penyelundupan dilakukan oleh penumpang pesawat dari Malaysia dengan cara menyembunyikan sabu-sabu tersebut di alas "rice cooker" yang di bawanya.

Penumpang bernama Asmuni (32) warga Pamekasan Madura bekerja sebagai TKI di Malaysia.

Tersangka ditangkap di Bandara Juanda Terminal II pada Kamis (25/1/2018) lalu.

Tersangka tercatat sebagai penumpang pesawat Air Asia XT 8298 dengan rute Kuala Lumpur - Surabaya.

"Petugas Bea dan Cukai mencurigai barang bawaan berupa kardus yang berisi "rice cooker" yang dianggap tidak wajar," kata Kepala KPPBC Juanda Budi Harjanto kepada wartawan saat rilis, Kamis (8/2/2018) .

Lebih lanjut, Budi menambahkan, setelah dilakukan pemeriksaan secara mendalam, kemudian dilakukan pemeriksaan dengan sinar X-ray, Alhasil kecurigaan petugas bea dan cukai terbukti di alas rice cooker terdapat benda serbuk putih.

Selanjutnya barang tersebut di amankan, kemudian dilakukan uji laboratorium ternyata benar barang tersebut adalah sabu-sabu (methamphetamine).

"Bubuk serbuk haram seberat 940 gram itu dikemas pelaku dalam plastik sebanyak tujuh bungkus," tandas Budi Kepala Beacukai Juanda.

Budi menjelaskan, dengan adanya penggagalan pengiriman sabu-sabu seberat 940 gram melalui Bandara Juanada ini, generasi muda yang bisa di selamatkan sekitar 4.700 generasi muda.

Dengan perhitungan satu gram sabu-sabu di komsumsi oleh lima orang.

"Akibat perbuatannya, Tersangka akan dijerat dengan pasal 113 ayat 1 dan 2 dengan ancaman penjara maksimal 20 tahun penjara," tutupnya.

Herman

Tinggalkan Komentar