Gotong Royong Bersihkan Sampah Di Waduk Riam Kanan

# Perang Sampah

Editor In Chief 53 Kali Dilihat 0 Komentar

Gotong Royong Bersihkan Sampah Di Waduk Riam Kanan

Kegiatan "Perang Sampah" di wilayah Waduk Riam Kanan, Aranio, Kabupaten Banjar, Sabtu (14/4/2018). Foto: Sayyid Maulana/sentralone.com

MARTAPURA, SENTRALONE.COM - Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan bersama Dinas Lingkungan Hidup Provinsi dan Kabupaten Banjar, BPBD Kabupaten Banjar, Tahura Sultan Adam, PT. PLN, Polsek Aranio, Koramil Aranio, Camat Aranio, Pambakal Aranio, serta masyarakat sekitar waduk (Pokdarwis, Pembudidaya Keramba, dan lain-lain) melaksanakan kegiatan “Perang Sampah”, Sabtu (14/4/2018).

Waduk Riam Kanan yang masih termasuk di dalam areal wilayah kerja 112.000 Ha kawasan hutan dijadikan lokasi kegiatan perang sampah yang mana kawasan tersebut merupakan salah satu UPT Dinas Kehutanan Tahura Sultan Adam yang terdapat beberapa gugusan pulau-pulau kecil yang indah dan juga terdapat PLTA kebanggaan dan penyuplai listrik terbesar untuk warga Kalimantan Selatan.

IMG-20180414-WA0069

Sekretaris Dishut Provinsi Kalsel Rahmaddin menyampaikan, bahwa kegiatan perang sampah tersebut bertujuan membersihkan sampah-sampah non-organik yang ada disekitaran waduk.

Sebab potensi terburuk yang dapat mengganggu kualitas waduk adalah sampah.

"Lebih dari 300 peserta yang mengikuti kegiatan dengan 10 klotok (perahu bermesin). Rombongan wajib membawa pulang sampah dari pelabuhan PLN, pelabuhan Tiwingan, Pulau Rusa, Pulau Bekantan sampai ke Sungai luar," ujar Kadis LH Provinsi Kalsel Ikhlas didampingi Sekretaris Dishut Rahmaddin, Kepala UPT Tahura Sultan Adam Sri Wuryati.

IMG-20180414-WA0066

GM PLN Sektor Barito Hariyono menyatakan, bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan penting untuk menjaga kualitas air yang dialirkan Waduk Riam Kanan ke Martapura, Banjarbaru, dan Banjarmasin tetap terjaga.

"Diharapkan kegiatan perang sampah tersebut mampu membangkitkan kesadaran di dalam diri warga untuk ikut membantu menjaga Waduk Riam Kanan dari potensi kerusakan akibat sampah dan memastikan kelangsungan pasokan listrik dari PLTA terjaga dengan baik," pungkasnya.

Penulis : Sayyid Maulana
Editor   : M. Amin
Publish : Hery Setia

 

Tinggalkan Komentar