Minimnya Fasilitas Pendidikan Di SDN Way Waka Lampung Utara

Editor In Chief 88 Kali Dilihat 0 Komentar

Minimnya Fasilitas Pendidikan Di SDN Way Waka Lampung Utara

Kepala Sekolah SDN Way Waka, Lisdiani S.Pdi ketika ditemui di SDN Way Waka, Lampung Utara, Selasa (13/2/2018). Foto: Arman/sentralone.com

KOTABUMI, SENTRALONE.COM - Alokasi anggaran fisik di bidang pendidikan yang sudah mengucur, ternyata belum cukup untuk mengatasi keterbatasan sarana pendidikan.

Di Kabupaten Lampung Utara diketahui masih banyak Sekolah Dasar (SD) yang kekurangan ruang belajar, bahkan belum memiliki ruang kepala sekolah serta ruang guru.

Salah satunya adalah SDN Way Waka Kecamatan Abung Barat, Kabupaten Lampung Utara, dimana hal tersebut terlihat saat Sentralone.com berkunjung ke sekolah tersebut.

Kepala Sekolah SDN Way Waka, Liadiana, S.Pdi, membenarkan bahwa di sekolah nya belum memiliki ruang guru dan ruang kepala sekolah.

"Beginilah pak keadaan sekolah SDN Way Waka, seperti yang bapak lihat sendiri, bahwa sekolah ini belum memiliki ruang guru dan ruang kepala sekolah, bahkan ruang belajar siswa juga hanya ada empat ruangan," jelas Lisdiana Spdi, kepada Sentralone.com, ketika ditemui di SDN Way Waka, Selasa (13/2/2018).

IMG-20180213-WA0021_1_1

Untuk sementara para dewan guru 'mengungsi' ke gedung perumahan sekolah yang sangat sudah tidak layak pakai.

Begitu juga dengan Kepala Sekolah juga terpaksa menggunakan perumahan sekolah sebagai ruang kerja nya.

Pihak sekolah dan UPTD pendidikan Kecamatan Abung Barat sudah sering kali mengajukan permohonan untuk di bangunkan fasilitas yang belum tercukupi tersebut kepada pihak pemerintah pusat atau pun daerah.

Namun, sampai saat ini belum juga terpenuhi.

"Kalau masalah usulan dan permohonan sudah sering kami ajukan dari pertama saya menjadi kepala sekolah di SDN ini, baik melalui Ka UPTD atau langsung ke dinas pendidikan kabupaten Lampung Utara," jelas Lisdiana.

Kendati demikian, dengan segala keterbatasan dan fasilitas pendukung lainya, para siswa dan siswi terlihat tetap bersemangat untuk bersekolah, serta tidak ada keluhan dari wali murid.

Di waktu yang bersamaan kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Abung Barat, Pidani melalui sambungan selulernya membenarkan keadaan sekolah dasar tersebut memang demikian adanya.

"Memang betul jika kondisi sekolah dasar yang di Way Waka tersebut belum memiliki ruang guru dan ruang kepala sekolah, bahkan, ruang belajar pun masih kurang," Jelas Pidani.

Untuk itu Pidani berharap agar pemerintah Kabupaten Lampung Utara segera memperhatikan fasilitas pendidikan yang ada di Kabupaten Lampung Utara, khususnya di SDN Way Waka.

"Kami berharap pihak Pemkab Lampura segera turun tangan untuk memperbaiki fasilitas penunjang pendidikan yang ada di SDN Way Waka, dan sekolah lainya yang memang membutuhkan perbaikan," ucap Lisdiani. 

Penulis: Arman

Editor : Hery Setia

Tinggalkan Komentar