Polda Kalsel Luncurkan Aplikasi Dan Buku Sasirangan

Tingkatkan Mutu Layanan Kepada Masyarakat Kalimantan Selatan

Editor In Chief 59 Kali Dilihat 0 Komentar

Polda Kalsel Luncurkan Aplikasi Dan Buku Sasirangan

BANJARMASIN, SENTRALONE.COM - Polda Kalimantan Selatan dibawah kepemimpinan Brigjen Pol Drs Rachmat Mulyana terus melakukan inovasi dalam meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat.

Kali ini, bertempat di Duta Mall Banjarmasin, Polda Kalimantan Selatan resmi meluncurkan aplikasi dan buku berjudul Sasirangan, Jumat (6/4).

Dengan diluncurkannya aplikasi ini diharapkan masyarakat dapat menerima pelayanan kepolisian yang lebih baik lagi.

Launcing aplikasi dan buku Sasirangan langsung dipimpin oleh Kapolda Kalsel Brigjen Pol Drs Rachmat Mulyana didampingi Deputi Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Prof Dr Diah Natalisa MBA.

Turut hadir mendampingi tokoh masyarakat Banua HG (P) Rusdi Effendi AR dan juga Asisten III Bidang Pembangungan Siswansyah mewakili Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, PJU Polda Kalsel dan Kapolres Jajaran Polda Kalsel.

Kapolda Brigjen Rachmat Mulyana menuturkan sesuai dengan program Kapolri yakni Promoter dimana dibutuhkan moderenisasi di bidang pelayanan publik, dirinya mempunyai ide bagaimana mempermudah masyarakat mendapatkan pelayanan kepolisian.

"Dalam aplikasi Sasirangan yang dapat diunduh melalui play store di handphone berbasis android, masyarakat dapat mendapatkan berbagai macam layanan seperti laporan kehilangan, pembuatan SKCK dan lainnya," kata Kapolda Kalsel.

Dijelaskan Kapolda Kalsel, aplikasi Sasirangan sendiri memiliki berbagai macam fitur seperti panic button, pengaduan masyarakat, SKCK Online , SP2HP dan lainnya.

"Dan bahkan kelebihan- kelebihan dari aplikasi sasirangan ini adalah bisa tekoneksi dengan Disdukcapil, jika sudah punya e-KTP, maka sudah bisa masukkan no induk KTP dan datanya akan muncul disana," jelas Rachmat.

Dalam acara launching juga dipraktekkan salahsatu kegunaan aplikasi ini dimana diilustrasikan satu warga yang dijambret dan kemudian menekan salah satu tombol maka petugas yang berada di dekat TKP langsung datang ke lokasi dan memberikan pertolongan sekaligus mengejar pelaku jambret.

Begitu juga warga yang ingin membuat SKCK bisa melakukan melalui aplikasi ini dan kemudian datang ke kantor polisi untuk mengambil SKCK nya.

Pada acara kali ini juga diserahkan buku berjudul Sasirangan yang diluncurkan oleh Polres Banjar dan diserahkan secara simbolis ke Pemimpin Umum Banjarmasin Post Group sekaligus tokoh Banua HG (P) Rusdi Effendi oleh Kapolda Brigjen Rachmat Mulyana didampingi Kapolres Banjar AKBP Takdir Mattanette.

Kapolres Banjar, AKBP Takdir Mattanete menjelaskan, dalam buku yang ditulis oleh Dien Alabanna tersebut masyarakat dapat membaca informasi apa saja yang dapat diterima masyarakat melalui aplikasi Sasirangan serta berbagai kegiatan dan inovasi yang telah dilakukan oleh Polda Kalimantan Selatan.

"Semoga dengan hadirnya buku Sasirangan ini, semakin membantu masyarakat yang ingin lebih mengetahui tentang manfaat aplikasi Sasirangan, dan semua inovasi serta prestasi Polda Kalsel beserta jajaran juga ada didalam buku ini," ujar Kapolres Banjar, AKBP Takdir Mattanete.

Editor : Hery Setia

Tinggalkan Komentar