BRNO – Moto GP 2017 memulai paruh kedua musim ditandai dengan sesi latihan bebas pertama (FP1) GP Republik Ceko di Sirkuit Brno, Jumat (4/8) sore WIB.

Berlangsung dalam sesi basah di sepanjang waktu, rookie Yamaha Tech 3, Johann Zarco, mengungguli Marc Marquez dalam FP1 Moto GP Brno di Republik Ceko. Valentino Rossi melengkapi lima besar.

Ya, sesi berlangsung dalam kondisi trek basah, menyusul hujan deras yang mengguyur trek Brno beberapa jam sebelumnya. Hujan sempat berhenti ketika FP1 dimulai, tapi kembali turun saat memasuki pertengahan sesi.

Pada 11 menit pertama berjalan menarik. Setidaknya ada enam pembalap yang secara bergantian menempati posisi teratas, sebelum kemudian Aleix Espargaro memimpin. Akan tetapi, selang tiga menit, Jorge Lorenzo mengambil alih posisi pertama.

Perubahan posisi lalu terjadi lagi. Kali ini dengan Marquez menggusur Lorenzo, tapi juara dunia bertahan itu turun di posisi kedua, ketika Hector Barbera naik ke posisi pertama. Dan cukup lama pembalap Avintia Racing ini di depan.

Menjelang berakhirnya sesi, Dani Pedrosa dan Lorenzo bergantian memimpin FP1. Namun, tepat satu menit tersisa, Zarco mencetak catatan waktu tercepat 2 menit 05,201 detik. Marquez berusaha menyamainya, tapi hanya berada di posisi kedua, lebih lambat 0,039 detik.

Lorenzo menempati posisi ketiga. Awal yang baik bagi pembalap Spanyol itu, terutama usai menjalani sesi latihan di trek basah. Ia mengungguli Pedrosa dan Rossi yang melengkapi lima besar dengan 2 menit 05,712 detik.

Adapun setelah terlihat kesulitan sepanjang sesi, Maverick Vinales akhirnya mampu memperbaiki catatan waktunya dan naik di posisi keenam pada menit terakhir. Ia di depan Danilo Petrucci dan Barbera.

Aleix Espargaro membawa Aprilia pada posisi kesembilan, di depan rookie Jonas Folger, yang lebih lambat 0,783 detik. Sedangkan pembalap Ducati, Andrea Dovizioso, berada di posisi ke-13.

Pembalap tuan rumah Karel Abraham hanya mampu menempati posisi ke-20. Joki tim Aspar Ducati itu lebih lambat hampir dua detik. Dan posisi paling buncit ditempati rookie Suzuki, Alex Rins.

Sementara itu, Andrea Iannone mengalami insiden kecil ketika melebar dan keluar trek di tikungan 10.

Sesi FP1 dimanfaatkan Repsol Honda untuk menguji coba desain fairing anyar, di mana tampak internal winglet melekat pada RC213V yang ditunggangi Dani Pedrosa dan Marc Marquez.

[her]

LEAVE A REPLY