MAKASSAR, SENTRALONE.COM – Bidang Hubungan Masyarakat (Bid Humas) Polda Sulsel menggelar Sosialisasi Media Sosial yang bertemakan “Peranan Mahasiswa Dalam Menangkal Peredaran Berita Hoax”. bertempat di Aula Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Samata Kabupaten Gowa, Kamis (08/11) pagi.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh ratusan mahasiswa/mahasiswi UIN Alauddin Samata.

Adapun yang menjadi pemateri adalah Dr. H. Abdul Wahid, M.A., Dosen dan Staf Ahli Kapolda Sulsel Bidang Agama, beserta Kompol Muhammad Arsyad, S. Sos., M.H., selaku Kasubbid Penmas Bid Humad Polda Sulsel.

Saat menjadi pemateri, Dr Wahid menuturkan bahwa mahasiswa muslim harus menyadari jika menyebar berita hoax merupakan salah satu perbuatan dosa.

“Seorang mahasiswa Muslim harus menyadari bahwa dalam pandangan Islam, menyebarkan berita hoax adalah dosa besar, sebab ini masuk kategori fitnah. Sebagaimana disebutkan dalam al-Qur’an QS. Al-Baqarah: 219, “Sesungguhnya fitnah itu lebih fatal dari pembunuhan.” ungkapnya.

Dan dalam hal ini, Kompol Arsyad memberikan tips sederhana melawan Hoax, diantaranya yang pertama jangan langsung membagi atau menshare berita yang beredar di media sosial.

Kedua, cermati situs pembuatan berita. Ketiga, cek keberadaan berita yang bombastis tersebut di lebih dari satu media arus utama dan yang terakhir baca dengan hati-hati dan berpikir kritis.

Editor : Hery Setia

LEAVE A REPLY