Indonesia Digital Popular Brand Award 2016. [Foto: BisnisUpdate News Network]

JAKARTA, SENTRALONE.COM – Dalam kondisi persaingan bisnis yang ketat, peran merek sangat penting untuk mempermudah pelaku bisnis merebut hati konsumen. Brand yang memiliki popularitas tinggi, akan memiliki daya tarik yang besar di mata konsumen.

Ditengah pertumbuhan pengguna internet yang sangat signifikan, membangun popularitas brand melalui media digital (internet) tidak bisa dielakan oleh pelaku bisnis di Indonesia. Media digital dirasakan sangat efektif guna membangun popularitas sebuah brand.

Tren tersebut juga membuat perusahaan semakin aktif melakukan digital marketing strategi secara konsisten guna meningkatkan popularitas, ekuitas merek dan tentunya diharapkan akan meningkatkan angka penjualan secara lebih terukur dan terencana.

Karena itu, Tri Raharjo, Chairman TRAS N CO Research menggagas sebuah penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award (IDPBA) adalah satu penghargaan bagi brand-brand (merek-merek) di Indonesia yang telah sukses membangun popularitas serta meningkatkan aktifitas brandnya melalui Media Digital (internet) sehingga memiliki keunggulan dan popularitas dibanding brand lainnya.

Tri Raharjo melanjutkan, tujuan dari diadakannya Indonesia Digital Popular Brand Award 2016 adalah untuk memberikan apresiasi terhadap brand yang telah berhasil membangun tingkat popularitas teratas dibanding dengan merek lainnya. Tidak hanya itu, melalui ajang ini brand-brand peraih Indonesia Digital Popular Brand Award diharapkan akan semakin mendapatkan kepercayaan konsumen dalam menentukan pilihannya.

“Selain itu, penghargaan ini untuk memberikan apresiasi kepada merek-merek yang telah mampu menerapkan Digital Marketing strategy dan popular di mata pengguna internet, serta mendorong peraih penghargaan untuk tetap menjadi yang terdepan di era MEA ini, dan memacu pertumbuhan dunia usaha melalui digital marketing secara terus menerus,” ujarnya.
Metodologi Riset

Terkait dengan metodologi survei, TRAS N CO Research bekerjasama dengan IMFocus Digimarketing Consultant untuk meriset popularitas merek di ranah digital. Indonesia Digital Popular Brand Award 2016 menggunakan metodologi penilaian yang terdiri dari search engine based, social media based, dan website based.

Ketiga item metodologi tersebut dikatakan Alex Iskandar, Managing Director IMFocus bahwa brand yang disurvei harus mencapai level popularitas tertinggi di mesin pencari dibobot max. 45%, sosial media dibobot maksimal 45% dan penilaian website sebanyak 10%.

“Kami melakukan pengelompokan setiap kategori bisnis, dalam satu kategori maksimal ada tiga pemenang & mencapai diatas 10,000 google result” kata Alex Iskandar, Managing Director IMFocus dan Google Certified Partner ini.

Perhelatan akbar Indonesia Digital Popular Brand Award 2016 adalah kegiatan untuk kedua kalinya, yang akan menampilkan berbagai kategori bisnis mulai dari perbankan, asuransi, otomotif, media, bisnis online, komputer, elektronik, alat tulis, food & baverages, farmasi, ritel, fashion, properti, Dll.

Hasil riset ini akan dipublikasikan di BisnisUpdate.com dan rencana penghargaan akan diselenggarakan di Jakarta pada 2 Juni 2016 mendatang. “Kami berharap dengan adanya penghargaan ini, akan memacu kemajuan brand dan ekonomi di Indonesia” ujar Tri Raharjo mantap. */Ist

BisnisUpdate News Network

LEAVE A REPLY