JAKARTA – Tak cuma WhatsApp, sejumlah layanan perpesanan lain juga sempat mengalami gangguan layanan seperti terjadi pada Jumat (3/11) kemarin. Sepanjang 2017, beberapa layanan yang sempat mengalami gangguan diantaranya Skype, LINE, dan Facebook Messenger.

Skype tercatat sempat mengalami gangguan pertengahan Oktober lalu. Saat itu, terdapat 1.200 laporan dari seluruh dunia yang menyatakan bahwa Skypte tak bisa diakses.

Akun Twiter Skype menyatakan bahwa ada masalah yang membuat pengguna tidak bisa login. Mereka meminta maaf dan menginformasikan bahwa sistem sedang diperbaiki.

“Kami sedang memperbaiki masalah yang mempengaruhi layanan login, kami memohon maaf atas ketidaknyamanan ini,” cuitnya.

Selain Skype, LINE juga pernah mengalami down pada Maret lalu. Gangguan ini membuat 66 persen pengguna tak bisa login sedangkan 33 persen lainnya gagal mengirimkan pesan.

“Aplikasi LINE saya tak bisa dipakai. Selalu crash begitu dibuka, bahkan tak bisa update,” kata Jay Kay di situs DownDetector.com

Gangguan juga dilaporkan terjadi di AS, Perancis, Jepang, India, Malaysia dan sebagian kecil Australia.

Aplikasi chat Facebook Messenger juga memiliki masalah yang sama pada 12 Oktober silam. Pengguna tak bisa menerima pesan, tak bisa terhubung dengan server dan tak bisa login.

Sebanyak 2.300 komentar dituliskan pengguna yang terkena dampak dari gangguan tersebut. Gangguan dialami negara-negara di Eropa seperti Inggris, Perancis, Spanyol hingga Polandia serta sebagian negara bagian AS.

[her]

LEAVE A REPLY