JAKARTA, SENTRALONE.COM – David Darmawan merupakan anak Betawi asli yang dibesarkan oleh ormas Gerbang Betawi, yang juga merupakan seorang pengusaha Green Fund yang telah menciptakan beberapa startup bersama perusahaannya PT Socentix (socentix.com) yang dapat berguna bagi masyarakat luas.

Setelah ikut serta mensukseskan penyelenggaraan Festival Keriaan Betawi Jatinegara dan Festival Betawi Muda Bangkit di tahun 2017, dengan ditandai pendeklarasian Gerbang Betawi dan peluncuran website Gerbang Betawi.

David kembali akan menyelenggarakan kegiatan Festival Betawi, yang dinamakan Festival Betawi B@ngkit pada 26 – 28 Januari 2018 di hotel Grand Cempaka, Jakarta Pusat.

Hal itu dilakukan David sebagai bentuk kecintaannya akan Budaya dan peningkatan kapasitas masyarakat Betawi.

Dalam acara Festival Betawi B@ngkit, dimeriahkan oleh berbagai acara menarik seperti Festival Ondel-ondel, Festival Maen Pukul Betawi (pencak silat Betawi), Bazaar kuliner Betawi, Peluncuran Forum Juragan Muda Betawi, Penggalangan Dana untuk Pesantren Indonesia di USA bersama Nusantara Foundation, Pemberian Santunan Anak Yatim, dan Betawi Startup Weekend.

Menyadari bahwa komunitas Betawi belum ada yang memanfaatkan teknologi informasi untuk memajukan masyarakat Betawi, maka David memprakarsai lahirnya Betawi Startup Weekend.

“Startup Weekend merupakan kompetisi pembuatan startup Betawi yang bertujuan untuk menciptakan suatu aplikasi agar dapat membantu menjawab kebutuhan sosial, budaya, transportasi, dan ekonomi warga DKI Jakarta,” ucap David.

Betawi Startup Weekend mengangkat tema Pemberdayaan Sosial, Budaya, Transportasi, dan Ekonomi Betawi.

Hasil implementasi dari Startup Weekend dan produk dari perusahaan rintisan akan dipresentasikan oleh David dalam Horasis Asia Meeting, di Ho Chi Minh Region, Vietnam, 25-26 November 2018.

Horasis Asia Meeting adalah World Economic Forum for emerging market (New York Times). Horasis sendiri menyediakan platform bagi perusahaan yang sedang dan telah berkembang untuk membawa produknya ke level global.

David secara khusus diundang oleh panitia penyelenggara Horasis Asia Meeting, setelah mereka melihat sepak terjang David di dunia startup lndonesia, maupun level global.

Dengan dipresentasikannya startup Betawi ini pada acara tersebut, diharapkan akan semakin menggairahkan bisnis online UMKM di Indonesia.

Pemerintah Indonesia sendiri telah mencanangkan target bisnis online Indonesia mencapai 130 miliar dolar AS atau Rp 1.850 triliyun pada 2020.

Padahal menurut survei Delloite dan Google 2015,dari 56,5 juta UMKM Indonesia yang di catat BPS baru 9% yang telah berjualan online.

“Gerbang Betawi lahir ingin memberi kontribusi kepada orang-orang Betawi khususnya dan kepada Pemerintah Indonesia pada umumnya, salah satu tujuannya adalah ingin melestarikan budaya Betawi yang merupakan salah satu Aset Negara Indonesia yang harus kita jaga bersama,” kata David.

Penulis : Nia

LEAVE A REPLY