Ike Edwin Dinobatkan Sebagai 'Kapolda 2016 Paling Fenomenal' Versi Mitrapol Award

JAKARTA - Irjen Pol Dr. Ike Edwin, SIK, SH, MH, MM yang kini menjabat Staf Ahli Kapolri Bidang Sosial Politik resmi ditetapkan sebagai Pemenang Nominasi Kategori Kapolda 2016 Paling Fenomenal dalam Penganugerahan Mitrapol Award.

Acara tersebut dilaksanakan di Wisma Bhayangkari, Mabes Polri, Kamis 7 September 2017 bertepatan dengan Penutupan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan Mitrapol bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Dewan Pers Indonesia sekaligus bersamaan Perkataan HUT Tabloid Mitrapol (Media Center Mitra Polri).

Dalam penilaiannya, Mitrapol Award melibatkan Panelis Profesional, Juri dan Laporan Jurnalis Mitrapol dari seluruh Biro dan Perwakilan di Daerah masing-masing.

Dalam pertimbangan dewan juri, Mantan Kapolda Lampung 2016 yang akrab disapa Dang Gusti tersebut dianggap sebagai Kapolda paling Fenomenal kala memimpin di Polda Lampung.

Fenomal dalam artian prestasinya yang memikat masyarakat, dan calon pemenang Kapolda 2016 Paling Fenomenal ini, Dimasa kepemimpinanya saat menjadi Kapolda Lampung, beliau dikenal paling dekat dengan masyarakat dan Kapolda paling mudah ditemui oleh warga.

Disamping itu juga, Irjen Ike Edwin sukses mengubah status Polda Lampung dari Tipe B menjadi Tipe A dengan program-programnya yang dinilai efektif karena langsung tepat sasaran, seperti program untuk berkantor ditenda yang berpindah-pindah tempat.

"Program Lampung Mengaji yang digagasnya berhasil sebagai wadah kerukunan lintas agama dan suku, serta Program Polisi Ada Dimana-mana, yang sangat dirasakan dan bermanfaat untuk Masyarakat,” Ujar pembaca Nominasi Mitrapol Award kala membacakan pemenang.

Dalam narasi yang dibacakan, memang Mantan Wakapolda Sulsel tersebut banyak berkarya dan menjadikan Lampung dimasa kepemimpinannya sebagai masa keemasan dalam pemeliharaan Kamtibmas.

“Melalui karya-karyanya yang sangat luar biasa, maka kami menilai bahwa pria yang biasa disapa Dang Gusti Ike Edwin ini sebagai Pemenang Kategori Kapolda 2016 paling Fenomenal 2016 melalui penilaian Juri dan Panelis kami,” imbuh pembaca nominasi kala memaparkan Prestasi Jenderal Bintang dua tersebut.

“Alhamdulillah, Puji Syukur kehadiran Allah SWT, atas semua ini, semua yang terjadi adalah Takdir Allah, sehingga apa yang terjadi kepada saya sudah menjadi kehendak Tuhan, yang terpenting bagi saya adalah, mampu berbuat yang terbaik bagi Masyarakat Lampung, dengan sekuat tenaga dan kemampuan saya,” timpal Dang Gusti Ike Edwin kala memberikan ucapan terima kasih saat menerima Mitrapol Award.

Perlu diketahui bahwa, dimasa Kepemimpinan Dang Gusti, Lampung keluar dari daerah Konflik sehingga Pemprov Lampung menerima penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri sebagai Daerah bebas Konflik yang diserahkan oleh Mendagri kepada Gubernur Lampung Ridho Ficardo, Dang Gusti mampu menurunkan peringkat Narkoba daro peringkat ke 6 menjadi peringkat ke-16.

Sebagai mana diketahui, sejak kepemimpinan Ike kala itu, tingkat kejahatan dan penyakit masyarakat di propinsi Lampung menurun deastis.

“Konflik satu tahun rata-rata 58x,saat saya kapolda hanya 3x saja dan untuk kontijensi satu tahun rata-rata 7x namun Saat saya kapolda, tidak ada kontijensi atau nihil dan penurunan angka gangguan kamtibmas sebanyak 32 % . begal dan perampokan hampir tidak ada Sehingga dapat dikatakan situasi keemasan kamtibmas dilampung.

Pada thn 2016 Lampung keluar dari zona merah pilkada menjadi hijau sangat Banyak masyarakat menilai situasi kamtibmas sangat kondusif di masa kepemimpinan Irjen Pol Ike Edwin sehingga masa itu tidak salah jika disebut tahun keemasan dalam kamtibmas.

Bahkan, sangat banyak masyarakat sari segala lapisan menginginkan Irjen Pol Ike Edwin menjadi gubernur Lampung dan mengharapkan para politisi dari daerah sampai pusat dapat melihat bahwa ada seorang  yang bermutu, cerdas dan agamis dan mempunyai visi misi dan dedikasi, serta niat yang tulus untuk mengabdi bagi Nusa Dan Bangsa.(*)