Lantik 85 Anggota PPK dan 408 PPS, Ini Pesan Ketua KPU Situbondo

SITUBONDO, SENTRALONE.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Situbondo melantik 85 Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan melantik 408 Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Se-Kabupaten Situbondo di Gedung Olahraga (GOR) Baluran Jalan PB. Sudirman, Situbondo. Rabu (22/11/2017) kemarin.

Dilantiknya ratusan anggota PPK dan PPS sebagai Persiapan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur yang akan diselenggarakan Tahun 2018 mendatang.

Ketua KPU Situbondo, Marwoto memimpin langsung proses pelantikan dan pengambilan sumpah dan serta meminta agar ratusan anggota PPK yang tersebar di 17 Kecamatan dan PPS yang tersebar di 132 desa serta 4 kelurahan itu dapat melaksanakan tugas sesuai perundang-undangan yang berlaku dan peraturan serta dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.

"Laksanakan tugas dengan baik dan benar sesuai peraturan yang berlaku," imbau Marwoto.

Lebih lanjut Marwoto menuturkan, PPK dan PPS harus mampu menjaga netralitas dan integritas serta bekerja dengan sesuai aturan.

Kedepan tugas PPK dan PPS Situbondo menurut Marwoto cukup berat. Sebab, pada pelaksanaan Pilgub 2018 Jawa Timur ada pengurangan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS). 

"Sebelumnya jumlah TPS 1.753. Namun, pada pelaksanaan Pilgub 2018 mendatang hanya berjumlah 1.172 TPS Se-Kabupaten Situbondo," jelasnya.

Marwoto juga menyebutkan bahwa, Tupoksi PPK dan PPS sesuai yang tertera dalam UU Pilkada Nomor 10 Tahun 2006 dan UU Pemilu Nomor 7 Tahun 2017.

"Fungsi pokok PPK adalah membantu KPU dan PPS membantu PPK dalam hal penyelenggaraan kepemiluan," pungkasnya.

Penulis: Dwi Atmaka

Editor : Hery