Pemain Belgia merayakan gol yang dicetak Axel Witsel (tengah) ke gawang Gibraltar dalam pertandingan Grup H Kualifikasi Piala Dunia 2018, Selasa (11/10/2016) dini hari WIB. Belgia menang dengan skor akhir 6-0. Foto/REUTERS/Rafael Marchante

GUNDADALUR – Portugal dan Belgia menegaskan status mereka sebagai tim favorit untuk berlaga di Piala Dunia 2018. Dalam pertandingan kualifikasi grup masing-masing, keduanya pesta gol dengan sama-sama menang dengan skor 6-0.

Di awali dari pertandingan Portugal yang melawat ke Torsvoellur Stadium, Selasa (11/10/2016) dini hari WIB, Cristiano Ronaldo cs menang telak atas tuan rumah Kepulauan Faroe dengan skor 6-0. Striker Andre Silva jadi bintang dengan torehan hat-tricknya dalam pertandingan yang disiarkan langsung RCTI.

Portugal unggul 3-0 di babak pertama di mana semua gol di borong Silva di menit ke-12, 22, dan 37. Selecao das Quinas -julukan Portugal- menambah tiga gol di babak kedua lewat aksi sang kapten Ronaldo pada menit ke-65, ditambah sepasang gol cepat yang disumbang Joao Moutinho dan Joao Cancelo di menit 90.

Kendati menang telak, Portugal belum bisa menggeser posisi Swiss di puncak klasemen Grup B. Portugal baru mengoleksi enam poin, tertinggal tiga angka dari Swiss yang punya poin sembilan hasil tiga kemenangan beruntun.

Dari Grup H, kemenangan telak juga diraih Belgia saat bertandang ke Estadio Algavre, kandang Gibraltar. Tim besutan Roberto Martinez juga melesakkan enam gol ke gawang lawan tanpa balas.

Christian Benteke jadi bintang dengan hat-tricknya di menit ke-1, 43, dan 55. Sementara tiga gol lainnya dicetak Axel Witsel di menit ke-19, Dries Mertens (51), dan Eden Hazard (79).

Tambahan tiga poin membuat Belgia kokoh di puncak klasemen dengan poin sempurna dari tiga laga. Rode Duivels (julukan Belgia) dibuntuti Yunani yang punya jumlah poin sama, namun masih unggul produktivitas gol.

[her]

LEAVE A REPLY