DELI, SENTRALONE.COM – Dalam kemajuan Indonesia ada tradisi dan kebudayaan bangsa yang menjadi sumber energi besar.

Kebudayaan Nusantara yang sangat beragam, sangat kaya nilai-nilai luhur, dan sangat kaya kearifan lokal menjadi kepribadian bangsa dan modal untuk meraih kemajuan.

Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo ketika menerima gelar Tuanku Sri Indera Utama Junjungan Negeri dari Kesultanan Deli, di ruang utama Istana Maimoon, Minggu (6/10).

“Banyak yang berpikir bahwa yang namanya kemajuan itu mengesampingkan budaya, meminggirkan adat istiadat. Tapi bagi Indonesia, bagi kita justru energi utama kemajuan kita adalah kebudayaan,” kata Presiden.

Presiden menuturkan banyak bangsa yang menjadi maju karena mengakar kuat pada budayanya.

Menurutnya ada beberapa contoh negara seperti Korea Selatan dan India yang bergerak maju tanpa melupakan budayanya.

“Lihat India yang sudah maju dengan berbagai teknologi tapi budayanya tidak ditinggal, bahkan budaya India sudah sangat dikenal di berbagai belahan dunia. Mereka juga bergerak maju dengan mengakar pada budaya,” terangnya.

Oleh karena itu, Presiden mengajak semua pihak Keraton, Kesultanan, Raja, Pemangku Adat se-Nusantara untuk bersama-bersama memajukan kebudayaan Indonesia.

“Kita mengarungi perjalanan zaman yang panjang dengan bermodalkan kapal budaya kita dan saya yakin Indonesia akan sampai di tempat tujuan, yaitu Indonesia maju dengan tetap mempertahankan nilai-nilai luhur asli bangsa Indonesia,” jelasnya.

Editor : Hery Setia

LEAVE A REPLY