H. Anang : Terima Kasih Kapolres Banjar

Haji Anang tokoh masyarakat Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Foto: Dok/sentralone.com

MARTAPURA, SENTRAL ONE.COM - Siapa sangka Police Expo yang dihelat akhir Oktober 2017 lalu, ternyata masih berpengaruh hingga sekarang. Setidaknya ini ditunjukkan oleh tokoh masyarakat yang peduli dengan Polres Banjar. Haji Anang, misalnya. Tokoh masyarakat asal Martapura ini tetap meminjamkan mobil Hummer H3T ke Polres Banjar, meski Police Expo telah berakhir. Apa pertimbangan H. Anang hingga rela meminjamkan mobil berharga mahal ini?

Kepada Sentralone.com, Selasa (14/11/2017), Haji Anang membeber niat baiknya itu. "Siapa bilang ini (meminjamkan Hummer H3T, red) bermewah-mewahan? Kalau ada yang beranggapan seperti itu, salah!," tegas Anang.

Ia lantas bercerita. Setelah menyaksikan sendiri Police Expo di Duta Mall pada 27 hingga 29 Oktober lalu, dirinya semakin memahami tugas Kepolisian dan tanggung jawabnya terhadap masyarakat. Tidak hanya menjaga keamanan dan kenyamanan warga, tapi juga memberikan pelayanan terhadap masyarakat. 

Apalagi, masih kata H. Anang, Kapolri Jenderal Tito Karnavian memiliki program Promoter (Profesional, Modern dan Terpercaya). "Ini tugas berat polisi. Saya pikir jika masyarakat ikut berpartisipasi, tentu akan turut membantu Kepolisian," cetus dia.

Karena itulah, lanjut Haji Anang, dirinya mengikhlaskan mobil Hummer miliknya digunakan untuk tugas-tugas anggota Kepolisian di Polres Banjar. Terlebih lagi, menurutnya, medan di wilayah hukum Polres Banjar cukup berat yang membutuhkan mobil operasional yang tangguh. "Saya tidak punya kepentingan politis. Saya sebagai bagian masyarakat Banjar hanya ingin membantu tugas Kepolisian, agar lebih optimal. Ini yang perlu saya tegaskan," tandas Anang.

Kata Haji Anang, dibanding dengan tugas dan kewajiban anggota Polri, khususnya di Polres Banjar, apa yang dilakukannya tidak ada apa-apanya. "Jika anggota mempertaruhkan nyawanya saat mengejar penjahat, saya cuma meminjamkan mobil saja. Apa itu sebanding? Coba pikir," ungkapnya dengan mimik serius.

"Mereka juga meninggalkan anak dan istri saat bertugas, tanpa kenal waktu. Apa Anda bisa? Jujur, bagi saya, itu tugas berat. Saya hanya peduli dan berniat membantu tugas Kepolisian. Itu saja, sederhana kan," lanjut Haji Anang.

Karena itulah, dia memohon agar niat baiknya dengan meminjam mobil Hummer miliknya tidak dijadikan polemik. "Yang penting digunakan untuk tugas-tugas anggota. Kecuali mobil itu tidak digunakan semestinya, silakan dilaporkan," ungkapnya.

Ia justru berterima kasih, lantaran Kapolres Banjar AKBP Takdir Mattanette membolehkan dirinya ikut berpartisipasi. Ia berharap yang lain juga ikut peduli. "Terima kasih Pak Kapolres," tutup Haji Anang.

Red

Mobil Hummer H3T sebelum di modivikasi (1)

Proses modivikasi Hummer H3T (2)

Mobil Hummer H3T sesudah modivikasi (1)

Mobil Hummer H3T sesudah modivikasi (2)

Kapolres Banjar ketika melihat kesiapan mobil Hummer H3T sesudah  modivikasi (3)