Resmob Polres Banjar Berhasil Ringkus Pelaku Curat di Balikpapan

Barang bukti yang berhasil diamankan polisi dari penangkapan kedua pelaku pencurian. Foto: Res Banjar/Endro.

'Keberhasilan Tim Gabungan'

MARTAPURA, SENTRAL ONE.COM - Tim gabungan Resmob Polres Banjar, Resmob Polda Kaltim dan Unit Reskrim Polsek Kertak Hanyar berhasil meringkus dua pelaku pencurian dengan pemberatan di Guest House yang ada di jalan Indrakila 119, Kecamatan Balikpapan Utara, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (24/11/2017) dinihari.

Kapolres Banjar, AKBP Takdir Mattanete melalui Kasat Reskrim, AKP Sofyan membenarkan keberhasilan tim Resmob Polres Banjar dalam meringkus pelaku Curat yang terjadi di jalan A. Yani Km. 10.700, Desa Mekarsari, Kecamatan Kertak Hanyar pada 16 November 2017 lalu.

"Iya benar, tim Resmob Polres Banjar dan Reskrim Polsek Kertak Hanyar dibantu Resmob Polda Kaltim telah menangkap pelaku Curat yang merugikan korban hingga ratusan juta rupiah," kata AKP Sofyan.

Adapun identitas pelaku yang berhasil diringkus adalah, SD (25) mahasiswa yang berasal dari Klaten, Jawa Tengah, SY (44) warga Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin.

FOTO: Tersangka.

Kronologi kejadian menurut Kasat Reskrim Polres Banjar bermula ketika korban H.M. Toni warga Guntung Papuyu, Gambut, bersama dengan anaknya yang pada saat itu mengendarai mobil honda jazz berjalan dari arah Banjarmasin menuju arah Gambut, Kabupaten Banjar.

Sesampainya di jalan A. Yani Km. 10.700, Desa Mekarsari, Kertak Hanyar, korban berhenti untuk membeli buah, pada saat itu didalam mobil masih ada anak korban yang menunggu didalam mobil.

Tiba- tiba muncul pelaku yang berjumlah empat orang dengan mengendarai dua kendaraan bermotor roda dua dan langsung mengambil uang Rp.260 juta yang disimpan korban di lantai bawah tepatnya didepan jok penumpang sebelah kanan.

"Menurut pengakuan korban, dirinya baru saja mengambil uang dari bank BRI di kota Banjarmasin, ketika sampai di TKP, korban berhenti untuk membeli buah buat oleh-oleh, namun anaknya masih ada didalam mobil, pada saat itulah muncul dua pengendara motor yang langsung mengambil uang korban yang disimpan di jok belakang sebelah kanan, kejadian itu juga disaksikan oleh anak korban yang langsung berteriak ketika tahu uang ayahnya diambil pelaku, namun pelaku berhasil kabur," ungkap Sofyan.

Atas kejadian tersebut, korban langsung melaporkanya ke Polsek Kertak Hanyar.

Setelah menerima laporan tersebut, Unit Reskrim Polsek Kertak Hanyar berkoordinasi dengan Tim Resmob Polres Banjar guna melakukan penyelidikan kasus tersebut.

"Setelah melakukan penyelidikan kurang lebih satu minggu, kami mendapat informasi keberadaan pelaku di daerah Balikpapan, dan setelah berkordinasi dengan Resmob Polda Kaltim akhirnya kami berhasil meringkus pelaku di sebuah Guess House di daerah Balikpapan Utara," jelas Sofyan.

Kasat Reskrim Polres Banjar itu menambahkan, dari hasil penangakapan pelaku, pihaknya telah mengamankan sejumlah barang bukti yang diduga sebagai hasil dari kejahatan.

"Selain kedua pelaku, kami juga telah mengamankan barang bukti uang senilai ratusan juta, satu unit kendaraan bermotor roda dua, dua buah handphone dan dua buah kartu ATM," imbuhnya.

Hingga saat ini, tim gabungan Resmob Polres Banjar masih terus memburu dua pelaku lain yang sudah diketahui identitasnya.

"Kami juga sedang memburu dua pelaku lain yang sudah diketahui identitasnya," imbuh Sofyan.

Penulis : Sayyid Maulana Ahmad
Editor   : Hery Setiawan