AMSTERDAM – Prancis sukses merebut puncak klasemen Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Eropa setelah membungkam Belanda. Paul Pogba jadi penentu kemenangan Les Blues dalam pertandingan yang berlangsung di Amsterdam ArenA, Selasa (11/10/2016) dini hari WIB.

Prancis dan Belanda sama-sama mengoleksi empat poin di Grup A sebelum pertandingan yang disiarkan langsung Global TV pukul 01.45 WIB, namun Tim Orange -julukan Belanda- unggul produktifitas gol. Kedua tim pun sama-sama berusaha menangkan laga untuk memimpin perburuan tiket putaran final Piala Dunia di Rusia tahun depan.

Laga di Amsterdam ArenA pun berjalan ketat. Sejak peluit kick-off dibunyikan, kedua tim sama-sama langsung menekan. Belanda yang tak diperkuat Wesley Sneidjer di lini tengah, mesti puas kalah penguasaan bola dari Prancis.

Prancis akhirnya berhasil unggul lebih dulu lewat aksi Pogba. Gelandang yang juga pemain termahal di dunia melepaskan tendangan geledek dari luar kotak penalti. Tendangan Pogba gagal dihalau kiper Martin Stekeleburg yang mengubah skor jadi 1-0.

Belanda tersentak. Beberapa peluang mereka ciptakan dalam upayanya mencari gol penyeimbang. Namun hingga turun minum, keunggulan Prancis tak berubah.

Di babak kedua, Belanda langsung menekan sejak awal. Beberapa umpan berbahaya ditujukan kepada Vincent Janssen yang terus berkeliaran di kotak penalti Prancis. Namun bek Laurent Koscielny dan Raphael Varane dengan sigap menghalau bola yang mendekat.

Sebaliknya, mendapat tekanan membuat Prancis coba menerapkan skema serangan balik. Beberapa kali Pogba mengirim bola kepada Gameiro yang tampil impresif sejak babak pertama. Namun aliran bola tim asuhan Didier Deschamps juga masih mudah dipatahkan barisan belakang Belanda.

Belanda praktis memegang jalannya pertandingan babak kedua, namun penyelesaian membuat tim asuhan Danny Blind kesulitan mencetak gol. Sebaliknya, Prancis juga memilih bermain aman dengan mengurangi intensitas serangannya.

Peluang emas Belanda datang semenit jelang waktu normal berakhir. Berawal dari kemelut di depan gawang Prancis, Depay melepaskan tendangan yang diselamatkan dengan baik oleh Lloris. Peluang tersebut jadi yang terakhir dan pertandingan pun dimenangkan Prancis dengan skor 1-0.

Hasil ini membawa Prancis naik ke puncak klasemen dengan poin tujuh dari tiga pertandingan Grup A. Sementara Belanda mesti melorot ke peringkat tiga, disalip Swedia yang sukses mengalahkan BUlgaria dengan skor 3-0 di waktu yang bersamaan.

Susunan Pemain
Belanda: Belanda: Stekelenburg, Karsdorp, Bruma, Van Dijk, Blind, Strootman, Wijnaldum (Bas Dost’62), Promes (Depay’16), Propper (Willems’82), Klaassen, Janssen.

Prancis: Lloris; Sidibe, Varane, Koscielny, Kurzawa; Pogba, Matuidi, Sissoko, Griezmann (Kante’90), Payet (Martial’67), Gameiro (Gignac’80)

[her]

LEAVE A REPLY