SENTRALONE.COM – Pengguna menemukan gangguan pada WhatsApp yang membuat mereka tidak bisa mengirim pesan. Tidak hanya terjadi di Indonesia, gangguan ini juga dirasakan pengguna di beberapa negara.

Dilansir Digitaltrends, Senin (1/1/2018), Down Detector menunjukkan bahwa mayoritas layanan yang bermasalah terkonsentrasi di Inggris, Belanda dan bagian lain di Eropa tengah. Masalah layanan aplikasi itu pertama kali muncul di Down Detector sekira pukul 9 a.m. PT.

Akan tetapi, juru bicara WhatsApp menginformasikan kepada VentureBeat bahwa masalah tersebut dimulai sekira pukul 10.30 waktu setempat. Ia juga memohon maaf atas gangguan tersebut.

“Pengguna WhatsApp di seluruh dunia mengalami pemadaman singkat hari ini, Senin (1/1/2018, kemarin, red) yang kini telah terselesaikan. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini,” kata juru bicara WhatsApp.

Baca juga: WhatsApp Sempat Down di Malam Tahun Baru

Sebelumnya, Dilansir Express, Jumat (3/11/2017), negara seperti Italia, Arab Saudi, Filipina, Jerman, India, Amerika Serikat dan Sri Lanka juga mengalami hal serupa. Saat ini masih belum diketahui apa yang jadi penyebab tumbangnya WhatsApp.

WhatsApp mengalami down yang dirasakan lebih dari seribu pengguna di Inggris saat ini, dengan laporan yang semakin meningkat. Situs DownDetector, yang melacak komentar sosial seputar topik tertentu memantau pemadaman layanan di seluruh dunia.

Situs menunjukkan lebih dari seribu pelanggan WhatsApp melaporkan masalah ini. DownDetector mengatakan bahwa 60 persen pelanggan mengalami masalah pada layanan pesan itu.

Pantauan Sentralone, ketika mencoba mengirimkan pesan, hanya menunjukkan gambar jam atau pesan yang belum terkirim.

“WhatsApp lagi eror ya? Kok daritadi gambar jam mulu, tapi buat buka aplikasi lain lancar2 aja,” kata akun Twitter Vivi Rinardi‏. Beberapa netizen lainnya di Twitter mempertanyakan apakah WhatsApp saat ini mengalami eror atau gangguan.

Tampaknya gangguan bukan berasal dari jaringan data ponsel, melainkan dari aplikasi WhatsApp. Hal ini terbukti pengguna masih bisa browsing internet, namun tak dapat mengirimkan pesan WhatsApp saat ini.

Baca juga: Pemilik Shio Ini Di Prediksi Bakal Hoki di Tahun Anjing Tanah 2018

Sebelumnya, WhatsApp telah menggulirkan fitur yang ditunggu-tunggu oleh penggunanya. Fitur yang dimaksud ialah kemampuan untuk menghapus atau menarik pesan yang telah terlanjur terkirim.

Fitur ini sebenarnya telah cukup lama terungkap. Namun tampaknya WhatsApp membutuhkan waktu yang agak lama untuk memberikannya secara penuh kepada pengguna.

Kehadiran fitur hapus pesan di WhatsApp ini terungkap melalui FAQ (frequently asked question) di halaman aplikasi tersebut. Sebagaimana dikutip dari Phone Arena, fitur itu disebut WhatsApp sebagai “Delete for everyone”.

LEAVE A REPLY