SENTRALONE.COM – WhatsApp, layanan pesan milik Facebook Inc sempat bermasalah secara global pada malam pergantian tahun 2017 ke 2018.

Pengguna WhatsApp di Indonesia dan sejumlah negara lain tidak dapat menggunakan layanan aplikasi perpesanan tersebut pada Senin dini hari selama beberapa waktu, sebelum layanan itu kembali pulih.

“Pengguna WhatsApp di seluruh dunia mengalami gangguan singkat hari ini, sekarang telah diperbaiki,” menurut juru bicara WhatsApp dalam sebuah pernyataan dilansir Reuters.

Di sisi lain, pihak WhatsApp tidak menjelaskan gangguan yang menyebabkan layanan pesan populer itu terhenti beberapa saat.

Baca juga: Terjadi Gangguan, WhatsApp Tumbang di Beberapa Negara

Di India, pasar terbesar dengan 200 juta pengguna, Whatsapp mengalami gangguan sekira beberapa menit.

Sedangkan di Indonesia, gangguan itu setelah pukul 01.00 WIB dan kembali pulih sekira pukul 02.00 WIB. Pengguna WhatsApp di negara lain juga mengeluhkan masalah yang sama melalui media sosial.

Sebelumnya dilaporkan pada November 2017, WhatsApp mengalami tumbang di beberapa negara. Pengguna menemukan gangguan pada WhatsApp yang membuat mereka tidak bisa mengirim pesan.

Baca juga: Pemilik Shio Ini Di Prediksi Bakal Hoki di Tahun Anjing Tanah 2018

Saat itu, tidak hanya terjadi di Indonesia, gangguan ini juga dirasakan pengguna di beberapa negara seperti Italia, Arab Saudi, Filipina, Jerman, India, Amerika Serikat dan Sri Lanka.

WhatsApp down itu juga dirasakan lebih dari seribu pengguna di Inggris, dengan laporan yang semakin meningkat. Situs DownDetector, yang melacak komentar sosial seputar topik tertentu memantau pemadaman layanan di seluruh dunia.

Situs menunjukkan lebih dari seribu pelanggan WhatsApp melaporkan masalah ini. Down Detector mengatakan bahwa 60 persen pelanggan mengalami masalah pada layanan pesan itu.

LEAVE A REPLY