Danlanal Semarang Pimpin Upacara HUT TNI AL ke-74

16

SEMARANG, SENTRAL ONE.COM – Komandan Pangkalan TNI AL (Lanal) Semarang, Lantamal V, Koarmada II, Kolonel Laut (P) Musleh Yadi memimpin jalannya Upacara Peringatan HUT ke-74 TNI AL yang digelar di Lapangan Apel Mako Lanal Semarang, Selasa (10/9/2019).

Pada peringatan HUT ke-74 TNI AL tahun 2019 tersebut mengangkat Tema “Bersama Rakyat TNI Angkatan Laut Siap Membangun SDM Unggul, Fondasi Indonesia Maju” ini dihadiri seluruh perwira staf Lanal Semarang dan Ketua Jalasenastri Cabang 4 Korcab V DJA II Ny. Evy Musleh Yadi sertaseluruh Pengurus Jalasenastri Cabang 4.

Sedangkan peserta upacara terbagi menjadi Tiga Kompi, Pleton Pama, Kompi satu terdiri dari Prajurit Bintara dan Tamtama Lanal Semarang, dan Pleton Pol Airud.

Kompi dua terdiri 1 Pleton Basarnas Semarang, 1 Pleton KSOP semarang,1 Pleton PNS Lanal Semarang, dan Kompi tiga terdiri dari 1 Pleton Taruna PIP Semarang, 1 Pleton Taruna Polimarin Semarang, 1 Pleton Taruna Amni Semarang,1 Pleton siswa Akpelni Semarang.

Upacara peringatan HUT ke 74 TNI AL meskipun di gelar dengan kesederhanaan namun upacara tersebut berlangsung dalam suasana khidmat.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Inspektur upacara mengatakan selama 74 tahun, TNI Angkatan Laut telah menunjukkan jati dirinya sebagai komponen pertahanan negara yang tangguh di tengah perubahan lingkungan strategis yang kian dinamis.

Ancaman tradisional dan non-tradisional pada lingkup nasional dan regional menuntut perhatian terus-menerus dan tindakan mitigasi yang tepat. Selama ini pula, TNI Angkatan Laut telah secara aktif terlibat dalam menjamin kepentingan maritim Indonesia, terutama pada pelaksanaan tugas sesuai amanat Undang-Undang.

Mewujudkan sebuah kekuatan Angkatan Laut yang profesional dan modern lanjut Kasal, tentunya dimulai dari bidang perencanaan pembangunan kekuatan. Modernisasi alutsista yang ditujukan untuk mencapai kesiapan tempur telah ditata dalam perencanaan strategis Angkatan Laut 5 tahun kedepan dalam kerangka kekuatan Angkatan Laut yang selalu siap dioperasionalkan atau dikenal dengan operational ready force.

Kesiapan ini hanya bisa dicapai dengan pemenuhan personel yang profesional di bidangnya, pemenuhan senjata dan amunisi sesuai bekal pokok, kelengkapan sarana dan prasarana, serta dukungan logistik terpadu.

“Dengan demikian, TNI Angkatan Laut diharapkan akan mencapai postur yang diharapkan baik secara kualitas maupun kuantitas,” terangnya.

Publish : Basori Adnan
Sumber : Dispen Lantamal V