Dikunjungi Negeri Jiran, Limas Deklarasikan Sekolah Ramah Anak

235

SURABAYA, SENTRAL ONE.COM SD Muhammadiyah 15 (Limas) Surabaya menjadi satu-satunya Sekolah yang mewakili kerjasama dibidang pendidikan dengan Negeri Jiran yang kelima kalinya sejak tahun 2014 sampai 2019.

Kedatangan rombongan dari negari Jiran ke Limas Surabaya diketuai Ying Aeisyah BT Zakaria disambut antusias oleh kepala sekolah, guru dan murid Limas di Jalan Mastrib 174 Surabaya, Jum’at (26/04/2019).

Momen kerjasama ini dimanfaatkan oleh SD limas disertai dengan mendeklarasikan Sekolah Ramah Anak (SRA) diantaranya Sekolah Tanpa asap rokok, tanpa kekerasan fisik dan suasana kondusif bagi murid.

Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 15, M. Natsir mengatakan, kunjungan ini sudah kelima kalinya sejak 2014, harapannya dengan kerjasama ini terus meningkatkan bagaimana cara pengelolaan pendidikan yang baik antara Indonesia dan Malaysia.

“Kemudian, anak-anak itu sendiri siap ada kolaborasi dan silaturrahmi antara anak Indonesia SD Muhammadiyah 15 dan anak-anak Malaysia di bidang Dokter Kecil (Dokcil) dan kepanduan/pramuka (Hizbul wathan),” ujar Natsir.

Natsir menambahkan, tindak lanjut dari kegiatan ini yang pasti ada penguatan jalinan bukan saja dari sisi dokcil, dokter muda, dan kepanduan (pramuka).
Tapi dari bidang lainnya, program-program yang ada di Malaysia bisa dibawa ke Indonesia, seperti yang pertama program dokter muda dan kepanduan,” lugas Kepsek tersebut.

Hal senada dengan M. Natsir, Ketua rombongan dari Malaysia Ying Aeisyah BT Zakaria selaku Pengerus Teknikal Kelab dokter muda Negeri Sembilan sangat berharap dengan kerjasama ini hubungan kolaborasi pendidikan terjalin dengan SDM 15 sejak 2014 hingga sekarang 2019.

Menurutnya, tahun demi tahun terus melangkah, sebelumnya kita dalam hubungan pendidikan melalui dokter muda, dan dokter kecil Indonesia.

“Dan langsung sekarang kita mengadakan kerjasama kepanduan, dan untuk tahun tahun berikutnya kita akan kerjasama dibidang yang lain,” terangnya.

Perlu diketahui, usai pembacaan deklarasi, dilanjutkan dengan pemotongan pita dan penandatanganan MoU dengan sekolah peserta yang hadir dari Malaysia.

Selanjutnya lomba dokter kecil, dan kepanduan Huzbul Wathan, kemudian Sharing Pendidikan Malaysia dan Indonesia. Acara ini juga dihadiri perwakilan dari dinas pendidikan kota Surabaya.

Peserta yang hadir dari Malaysia, diantaranya yaitu Wakil Dinas Pendidikan, Encik Nurulfuad Bin Yaakub (Penyelia Kokurikulum, PPD Port Dickson, Negeri Sembilan, Malaysia), Ketua Rombongan, Puan Ying Aeisyah BT Zakaria (Pengerusi Teknikal Kelab Doktor Muda, Negeri Sembilan, Malaysia.

Sedangkan nama sekolah yang hadir dari Malaysia, yakni SK Pasir Panjang, SK Mambau, SK Yamtuan Antah, SK Tunku Laksamana Nasir, SK Taman Tasik Jaya, SK Intan Perdana, SK Tanjong Agas, SK Linggi, SK KG Sawah, SK Nuri, SK KG Gelam, SK Yamtuan Lenggang.

Penulis : Mar’atus Shaleha
Publish : Basori Adnan