Dipimpin H Saelani, Jam’iyah Hidayatullah RW 5 Kupang Panjaan Ziarah Wali Delapan

222

SURABAYA, SENTRAL ONE.COM – Jam’iyah Hidayatullah RW 5 Kupang Panjaan 3 A-B Surabaya mengadakan kegiatan Wisata Religi Ziarah Wali Delapan, yang berlangsung mulai Sabtu (12/1) hingga Minggu (13/1).

Adapun yang menjadi tujuan pertama Wisata Religi yang diikuti oleh 60 jamaah dari Jam’iyah Hidayatullah RW 5 Kupang Panjaan 3 A-B Surabaya, yaitu Makam Sunan Ampel Surabaya.

Disini para peserta Wisata Religi Ziarah Wali Delapan yang dipimpin oleh Haji Saelani, Ustad Hasun dan Mbah Darsono melakukan doa dan ziarah ke Makam Sunan Ampel.

Selanjutnya rombongan Jam’iyah Hidayatullah langsung menuju ke Makam Sunan Muria yang berada di Kudus Jawa Tengah.

Setelahnya rombongan melanjutkan ziarah ke Makam Sunan Kudus yang juga berada di daerah Kudus Jawa Tengah.

Dari Kudus, rombongan menuju Kabupaten Demak untuk melanjutkan ziarah ke Makam Sunan Kalijaga dan Raden Fatah.

Kemudian rombongan menuju Ungaran, Semarang untuk melakukan ziarah ke Makam Syekh Hasan Munadi.

Sebelum kembali ke Surabaya, rombongan Jam’iyah Hidayatullah RW 5 Kupang Panjaan 3 A-B menyempatkan untuk mengunjungi Sendang Kalimah Thoyyibah yang berada di Ungaran, Semarang, Jawa Tengah.

Haji Saelani selaku pimpinan Jam’iyah Hidayatullah RW 5 Kupang Panjaan Surabaya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan Ziarah kedua yang diselenggarakan oleh Jam’iyah Hidayatullah RW 5 Kupang Panjaan.

“Ziarah Wali Delapan ini adalah kegiatan yang kedua Jam’iyah Hidayatullah RW 5 Kupang Panjaan setelah sebelumnya kami juga mengadakan Ziarah Wali Lima pada tahun 2017 lalu,” kata H Saelani.

H Saelani menambahkan, kegiatan seperti ini rencananya akan diadakan setiap tahunnya.

“Insya Allah, kegiatan seperti ini akan kami adakan setiap tahun, rencana untuk tahun depan kami akan mengadakan ziarah Wali Sembilan,” ujarnya.

Mudhor selaku Ketua RW 5 Kupang Panjaan yang juga ikut dalam kegiatan Wisata Religi Ziarah Wali Delapan ini bertujuan untuk napak tilas perjuangan para Waliyullah dalam menyebarkan agama Islam di tanah jawa.

Menurutnya, perjuangan para waliyullah tersebut sangat besar, sehingga mayoritas dari masyarakat pulau Jawa, bahkan hingga seluruh Indonesia banyak yang memeluk agama Islam.

“Wisata religi ini merupakan bentuk penghormatan kami kepada jasa para Waliyullah yang telah berjuang menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa, tanpa jasa dan ikhtiar para Waliyullah, mungkin kita sekarang tidak mengenal ajaran Islam,” kata Mudhor, Minggu (13/1/2019).

Ditambahkan Mudhor, Wisata Religi ini juga sebagai upaya meningkatkan jalinan silaturahmi serta rasa kekeluargaan antara seluruh warga RW 5 Kupang Panjaan, Surabaya.

“Kegiatan seperti ini juga sangat baik dalam menjaga kerukunam dan kebersamaan antara sesama warga RW 5 Kupang Panjaan,” tuturnya.

Editor : Hery Setia