Gemar Membaca Budaya Lokal Dekat Dengan Buku

15

SIDOARJO, SENTRAL ONE.COM – Perpustakaan Nasional Republik Indonesia melaksanakan gerakan “Gemar Membaca” bekerjasama dengan Pemkab Sidoarjo melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Sidoarjo, Selasa (9/4) di Mal Pelayanan Publik (MPP) Lingkar Timur Sidoarjo.

Kegiatan berskala nasional ini dibuka oleh Wakil Bupati Sidoarjo, H. Nur Ahmad Syaifuddin, S.H., Inspektur Perpustakaan Nasional, Darmadi, S.IP, MM, Anggota Komisi X DPR RI, Arzeti Bilbina, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur, Dr. Abdul Hamid, dan Penggiat Literasi Sidoarjo, serta Direktur LPPL Radio Suara Sidoarjo, turut hadir mengikuti gerakan “Gemar Membaca” sekaligus sebagai narasumber talkshow kegiatan ini.

Dalam kesempatan tersebut, Inspektur Perpusnas RI, mengucapkan terima kasih kepada pemkab Sidoarjo yang selama ini telah sangat mendukung program pengembangan perpusnas dan gemar membaca, guna peningkatan kualitas SDM di Kabupaten Sidoarjo.

Dan kegiatan ini diharapkan mampu menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap budaya lokal yang lebih dekat dengan buku.

Rangkaian kegiatan ini yang mengambil tema “Perpustakaan Berkarya Mewujudkan Perpustakaan Berbasis Inklusi sosial, dalam rangka Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat” merupakan bentuk nyata bahwa perpustakaan turut berperan untuk mengembangkan potensi masyarakat pada penguatan mentalitas budaya agar terwujud masyarakat yang berkualitas.

“Perpustakaan secara umum itu untuk mewujudkan manusia yang cerdas, gemar membaca sepanjang hayat dan terus mewujudkan masyarakat gemar belajar,” ujar Darmadi.

Wakil Bupati Sidoarjo merasa sangat senang dan bangga dengan kiprah Dinas perpustakaan dan Arsip Kabupaten Sidoarjo yang saat ini di komandoi oleh Ir. Endang Soesijanti, karena sudah berulangkali menggelar agenda kegiatan nasional terkait dengan pengembangam perpustakaan di Kabupaten Sidoarjo.

Pemkab Sidoarjo sangat mendukung perpustakaan sebagai program prioritas nasional dan berupaya meningkatkan minat baca msyarakat melalui berbagai cara diantaranya, tahun ini Perpustakaan Sidoarjo telah mempunyai 18 motor pintar perpustakaan yang melayani sekolah, desa, dan kelurahan di 18 kecamatan yang ada di Kabupaten Sidoarjo.

Perpustakaan Sidoarjo juga memiliki sarana edukasi dan rekreasi bioskop mini atau Bioskop Literasi Anak–anak sekolah dan Masyarakat (Bolam), yang bisa diakses oleh masyarakat dan anak – anak sekolah secara gratis.

Bolam ini mulai di launching akhir 2018 hingga saat ini telah diakses lebih kurang 2.000 anak.

Gedung MPP ini juga dilengkapi buku – buku perpustakaan yang disediakan untuk masyarakat untuk dibaca di tempat dan masyarakat yang ingin menjadi anggota perpustakaan.

Semua ini, untuk program prioritas nasional, bahwa literasi menjadi alat bagaimana perpustakaan bisa menjadikan masyarakat lebih sejahtera.

Dimana Perpustakaan ini menjadi urusan wajib bagi pemerintah daerah dalam mewujudkan pencapaian Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional yang ke-4 tahun 2020-2024, yang menitik beratkan pada peningkatan SDM dan daya saing nasional.

“Berkaitan dengan hal tersebut, Pemkab Sidoarjo telah meningkatkan pengelolaan perpustakaan mulai dari peningkatan SDM dan kelembagaannya serta pendanaan yang mendanai yang dialokasikan pada APBD Kabupaten Sidoarjo,” jelas Cak Nur.

Editor : Tiaz
Publish: Hery Setia