Ini Manfaat Labu Kuning Bagi Kesehatan

31
Ilustrasi jus labu kuning. shutterstock/Sea Wave

SENTRAL ONE.COM – Labu adalah buah yang populer muncul saat perayaan Halloween seperti saat ini. Sebenarnya tanpa Halloween pun, labu juga umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Biasanya labu yang dikonsumsi diolah dengan cara direbus agar vitamin B1, B2, B6, C dan beta karoten di dalamnya tidak hilang.

Selain itu kandungan nutrisi di dalam labu kuning setiap 100 gram nya hanya mengandung sekitar 25 kalori. Labu kuning mengandung banyak karbohidrat dan serat. Selain itu, labu kuning juga mengandung zat besi, kalsium, magnesium, fosfor, mangan, dan seng.

Ternyata tak hanya direbus, labu juga bisa diolah menjadi jus. Berikut adalah manfaat mengkonsumsi labu kuning bagi kesehatan :

Ilustrasi jus labu kuning. shutterstock/Sea Wave

1. Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol
Mengkonsumsi labu kuning dapat membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh anda. Labu kuning sendiri sama sekali tidak mengandung kolesterol dan jutru mengandung fitosterol yang telah dikenal untuk menurunkan kadar kolesterol LDL (hingga sekitar 75%) dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (hingga 15%). Fitosterol menghambat penyerapan kolesterol di dalam tubuh dan membuatnya langsung dikeluarkan dari dalam tubuh.

2. Membantu Penderita Diabetes
Labu kuning memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga dapat menjadi salah satu menu makanan penderita diabetes. Labu kuning dapat membantu produksi insulin dan membantu proses penyembuhan jaringan pankreas. Omega 3 yang terdapat pada biji labu juga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

3. Mencegah Kanker
Labu kuning mengandung banyak antioksidan, terutama karotenoid. Berbagai antioksidan ini dapat membantu menghambat metabolisme sel-sel kanker. Mengkonsumsi labu kuning dapat membantu mencegah terjadinya kanker payudara, kanker leher rahim, kanker paru, kanker usus besar, dan kanker kulit.

4. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung
Kandungan folat, karotenoid, dan magnesium di dalam labu kuning membuatnya sangat baik bagi kesehatan jantung anda. Magnesium akan bekerja sebagai relaksan pembuluh darah sehingga dapat menurunkan tekanan darah dan mencegah terjadinya penyakit stroke dan serangan jantung. Selain itu, labu kuning juga dapat mencegah terjadinya aterosklerosis yaitu suatu keadaan di mana dinding pembuluh darah arteri mengeras akibat penumpukkan lemak pada dinding dalamnya.

5. Menjaga Kesehatan Mata
Konsumsi labu kuning dapat mencegah terjadinya degenerasai makula akibat penuaan. Zeaxanthin di dalam labu kuning membuatnya dapat membantu melindungi retina mata dari radiasi sinar UV yang berbahaya dan berbagai stress oksidatif lainnya.

Karotenoid, baik alfa maupun beta di dalam labu kuning juga baik bagi kesehatan mata dan dapat mencegah terjadinya kebutaan di malam hari (rabun senja). Lutein dan zeaxanthin di dalam labu juga baik untuk mencegah terjadinya katarak.

6. Menyehatkan pencernaan
Tingginya kandungan serat dalam buah labu membantu dalam mengatur sistem pencernaan Anda. Bahkan minum jus labu bisa menjadi cara alami untuk menyembuhkan sembelit.

7. Menurunkan tekanan darah tinggi
Anda merupakan penderita tekanan darah tinggi? Minumlah jus labu. Sebab kandungan pektin dalam labu efektif untuk membantu dalam menurunkan kolesterol.

8. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Adanya vitamin C bersamaan dengan mineral dalam labu bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

9. Mendinginkan tubuh
Di tengah musim kemarau seperti ini, merupakan ide yang bagus untuk minum jus labu. Sebab jus labu mampu secara efektif mengurangi suhu atau panas tubuh.

10. Mencegah Arteriosklerosis
Tahukah Anda bahwa selain dapat menurunkan tekanan darah tinggi, labu juga dapat membersihkan arteri Anda? Sehingga minum jus labu efektif untuk mengurangi risiko serangan jantung, stroke, dan penyakit Arteriosklerosis.

11. Menyehatkan ginjal
Minum jus labu secara teratur ternyata bermanfaat untuk menyehatkan hati dan ginjal. Bahkan minum jus labu tiga kali sehari secara rutin membantu untuk menyingkirkan batu ginjal secara alami.

12. Mengobati insomnia
Anda merupakan penderita insomnia akut? Minumlah jus labu. Sebab ternyata minum jus labu yang dicampur dengan madu adalah cara terbaik untuk menyingkirkan insomnia.

Selain manfaat tersebut, selain direbus labu kuning juga dapat dijadikan minuman jus karena memiliki segudang khasiat sehat lainnya seperti meningkatkan konsentrasi, menghalau mual saat hamil, dan bahkan mengobati TBC. Bagaimana, tertarik untuk mengkonsumsi labu kuning?

Manfaat Lainnya
Berbagai manfaat lain dari labu kuning bagi kesehatan anda adalah:

Mengurangi stress. Biji labu kuning kaya akan asam amino, triptofan, yang akan diubah menjadi serotonin. Serotonin merupakan suatu neurotransmiter yang dapat mengurangi rasa cemas dan stress sehingga dapat memperbaiki mood anda.
Mencegah sembelit (kaya serat). Membantu menjaga kesehatan prostat dan mencegah terjadinya pembesaran prostat jinak (seng).

Membantu mencegah terbentuknya batu ginjal dan berbagai penyakit yang berhubungan dengan kandungan empedu serta dapat mencegah terjadinya ulkus akibat iritasi asam lambung (sari labu).

Membantu menguatkan tulang dan enamel gigi serta mencegah terjadinya osteoporosis (seng dan magnesium), Mencegah radang sendi (agen anti inflamasi).

Publish : Basori Adnan

Sumber: foodtofitness