Jelang Pemilu, Polres Tanjung Perak Gelar Cipkon di Suramadu

14
Kapolda Jatim Irjen Pol Drs. Luki Hermawan, M.Si., bersama Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Antonius Agus Rahmanto ketika memeriksa kendaraan yang melintas menuju jembatan Suramadu, Minggu (14/4).

SURABAYA, SENTRAL ONE.COM – Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Drs. Luki Hermawan didampingi Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak memimpin kegiatan cipta kondisi (Cipkon) di area jembatan Suramadu, Minggu (13/4) malam.

Kegiatan itu melibatkan sekitar 170 personil dari Sabhara Polda Jatim, personil dari Polres Pelabuhan Tanjung Perak, dan personil dari Kodim Surabaya Utara dan Kodim Surabaya Timur.

Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Antonius Agus Rahmanto usai pelaksanaan cipkon kepada awak media mengatakan bahwa, kegiatan cipkon kali ini sengaja digelar dalam rangka menjamin keamanan masyarakat menjelang pelaksanaan Pemilu 2019 yang sudah memasuki masa tenang.

“Cipkon kali ini sengaja kami gelar dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang pelaksanaan Pemilu 2019, apalagi ini sudah memasuki masa tenang, jadi kami akan gencar melakukan kegiatan cipkon untuk memastikan pelaksanaan Pemilu berlangsung aman, tertib dan lancar,” ujar Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak.

Lebih lanjut dijelaskan Kapolres, kegiatan cipkon juga bertujuan untuk mencegah terjadinya politik uang dalam pelaksanaan Pemilu 2019, baik pemilihan legislatif, maupun pemilihan presiden.

“Politik uang atau serangan fajar sangat rawan terjadi menjelang injury time, untuk itu kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk meminimalisir terjadinya politik uang, salah satunya dengan cipta kondisi seperti saat ini,” jelas Kapolres.

Ditambahkan Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, dalam cipta kondisi kali ini, pihaknya tidak melakukan penindakan terhadap pelanggaran lalulintas maupun perlengkapan surat-surat berkendara lainnya.

“Dalam cipkon kali ini, kami tidak melakukan penindakan surat-surat kendaraan, namun lebih mengedepankan faktor pelanggaran pemilu, yang terkait dengan politik uang,” pungkas perwira polisi dengan dua melati di pundak itu.

Hery Setia