Kampung Dongeng Wakili Kabupaten Banjar Lomba Pola Asuh Anak

19

MARTAPURA, SENTRAL ONE.COM – Kampung Dongeng Jalan Kampung Baru Kelurahan Sungaiparing Martapura terpilih mewakili Kabupaten dalam lomba Pola Asuh Anak dan Remaja tingkat Provinsi. Ketua TP PKK Kabupaten Banjar, Hj Raudatul Wardiyah mendampingi tim penilai dari Provinsi Kalsel meninjau kampung dongeng tersebut, Kelurahan Sungai Paring, Martapura, Selasa (20/8/2019).

Kedatangan Ketua TP PKK Kabupaten Banjar bersama tim verifikasi Provinsi Kalsel itu disambut anak-anak dan Ketua Kampung Dongeng Intan Kalsel, Bunda Enik Mintarsih. Para anak-anak yang berasal dari PAUD, TK dan SMPN 3 Martapura menggelar senam tangan, bernyanyi dan mendengar dongeng dari Bunda Enik Mintarsih serta ada penampilan sulap.

Ketua Tim Penilai Pola Asuh Anak dan Remaja Provinsi Kalsel, Husnul Khotimah mengatakan, kunjungan ke Kampung Dongeng ini adalah dalam rangka program penilaian verifikasi lapangan, karena Kabupaten Banjar sudah menentukan Kampung Dongeng di Kelurahan Sungaiparing Martapura untuk mewakili Kabupaten Banjar.

Pihaknya nantinya memilih dari 13 kabupaten/ kota di Kalsel ini berdasarkan data profil yang dikirim masing-masing peserta, penilain nantinya ditambah dengan hasil kunjungan lapangan tersebut. Tim melakukan verifikasi, apakah layak diberikan point tambahan sekaligus memberikan masukan untuk menambah nilai dalam penilaian.

“Menjadi penilaian diantaranya mengenai kebijakan daerah yang sudah diterbitkan untuk mensupport Pola Asuh Anak dan Ramaja di Kabupaten Banjar, kemudian bagaimana program berjalan serta penganggarannya, berikut pelaksanaannya di lapangan,” katanya.

Dia juga mengatakan, termasuk menjadi bahan penilaian adalah apakah sudah melakukan sosialisasi penyuluhan dan juga edukasi kepada orang tua atau anak-anak, serta bagaimana keterlibatan SKPD lain dalam hal PAAR tersebut, termasuk pula keterlibatan lembaga masyarakatnya. Turut menjadi penilaian adalah outputnya, apakah ada kreatifitas dan inovasi yang dihasilkan.

Terpenting adalah, memperhatikan dan memberikan hak-hak anak dan remaja, hak untuk tumbuh dan berkembang. Menyiapkan generasi yang akan datang menjadi handal, mendapakan asupan gizinya yang seimbang, tidak terkecuali memberikan perlindungan bagi para remaja agar terhindar dari bahaya narkotika dan zat adiktif lainnya.

“Itu juga kami nilai, sejauh mana bekerjasama dengan BNN setempat,” tambahnya.

Ketua TP PKK Kabupaten Banjar, Hj Raudathul Wardiyah mengatakan, Kampung Dongeng ini salah satu contoh untuk mendorong kreatifitas anak-anak dan remaja. Dirinya pun merasa senang dan keberadaan Kampung Dongeng sudah bekerjasama dengan SKPD terkait serta semua pihak, untuk mewujudkan SDM yang tangguh dan berkualitas, sehingga terwujud Kabupaten Banjar yang sejahtera dan barokah.

Penulis : Rahmadi
Publish : Basori Adnan