Keturunan Nabi Muhammad SAW, Berikut Silsilah Sandiaga Uno

6053

WAJO, SENTRAL ONE.COM Pada kunjungannya ke Desa Tosora, Kecamatan Majauleng, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, Rabu, (26/12/2018), protokol menyatakan bahwa Sandiaga Uno adalah keturunan Nabi Muhammad SAW. Pernyataan tersebut berdasarkan Lontara Panguriseng yang dikenal juga sebagai Lontara Bugis.

Kedatangan Sandiaga Uno di Kabupaten Wajo adalah kejutan bagi masyarakat Wajo. Warga kabupaten Wajo tidak mengira bahwa Calon Wakil Presiden nomor urut 02 tersebut berkenan datang ke daerah mereka. Begitupun halnya dengan Sandiaga Uno yang mendapatkan kejutan dari tokoh adat dan sesepuh masyarakat Bugis di Wajo. Sandiaga Uno tak pernah menyangka kalau dirinya termasuk dalam silsilah keturunan Nabi Besar Muhammad SAW.

Kunjungan silaturahmi Sandiaga diterima oleh tokoh adat dan sejarahwan setempat. Dalam acara tersebut, Sudirman Meru selaku protokol acara ‘Mengulas Sandiaga di Tanah Wajo’ ini membacakan silsilah keturunan Sandiaga Uno.

Silsilah yang dibacakan, menurut Sudirman Meru diambil dari Lontara Panguriseng. Buku atau lontara (karena ditulis diatas lontar) ini adalah sebuah buku yang secara khusus menerangkan silsilah raja-raja Bugis. Oleh masyarakat Bugis, lontara ini sejak tahun 2012 dipakai sebagai acuan resmi tentang keturunan para raja Bugis.

“Sandiaga Uno adalah keturunan ke-20 dari Assyekh Djamaluddin Al-Akbari Al-Husaini. Data ini diperoleh dari beberapa sumber resmi tahun 2012, salah satunya adalah Lontara Panguriseng,” ungkapnya.

Assyekh Jamaluddin Al-Akbar Al-Husaini adalah cucu turunan nabi atau Ahl Al-Bayt yang pertama kali datang ke Sulawesi Selatan. Dia juga merupakan kakek kandung dari empat ulama penyebar Islam di Jawa yang lebih dikenal dengan wali songo yaitu Sayyid Maulana Malik Ibrahim, Sayyid Ainul Yaqin atau Sunan Giri, Sayyid Raden Rahmatullah atau Sunan Ampel dan Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati.

Dalam acara ini pula, di depan para tokoh sejarah dan budaya Kabupaten Wajo, Sandiaga Uno menerima daftar silsilah keturunan tersebut. Daftar silsilah tersebut diserahkan oleh anggota DPR RI Komisi II dari PAN, Andi Yuliani Paris.

Mendengar pembacaan silsilah bahwa dirinya masih keturunan Nabi Muhammad SAW, ekspresi wajah Sandiaga terlihat kaget. Usai pembacaan sisilah, Sandiaga hanya berkomentar singkat.

“Pengetahuan saya dalam silsilah keturunan terputus hanya beberapa tingkatan di atas kakek-nenekku,” tutur Sandiaga.

Sandiaga Uno sendiri mengaku menurut sepengetahuannya, silsilahnya terputus hanya beberapa nama leluhur diatasnya. Ia tidak menyangka bisa berlanjut sampai beberapa nama raja-raja yang ada di Provinsi Gorontalo dan Sulawesi-Selatan. Seperti Arung Lasimpala dan Raja Bone ke-23 (Latuppu Batu Arung Tonra). Silsilah keturunannya sampai di nama Sunan Gunung Jati, bahkan sampai ke Nabi Muhammad SAW.

Sebagai penutup acara ini, Sandiaga Uno beserta rombongan berziarah ke makam As Syekh Djamaluddin Al-Akbar Al-Husani. Setelah itu, Sandiaga melanjutkan kunjungan silaturahminya ke Kabupaten Soppeng.

Publish : Basori Adnan