Lanal Malang Peringati HUT TNI AL ke-74 di Mako Lanal Malang

23

MALANG, SENTRAL ONE.COM – Pangkalan TNI AL (Lanal) Malang mengelar peringatan HUT ke-74 TNI AL yang dipimpin langsung Danlanal Malang Kolonel Laut (P) Nanang Hariono di lapangan apel Lanal Malang, Senin (10/9/2019).

Upacara peringatan ini diikuti 1 SST Deputasi Perwira, 1 SST Deputasi Bati , 1 SST pasukan bersenjata Bintara, 1 SST Pasukan bersenjata Tamtama dan 1 SST Korpri Lanal Malang.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Inspektur upacara mengatakan selama 74 tahun, TNI Angkatan Laut telah menunjukkan jati dirinya sebagai komponen pertahanan negara yang tangguh di tengah perubahan lingkungan strategis yang kian dinamis.

Ancaman tradisional dan non-tradisional pada lingkup nasional dan regional menuntut perhatian terus-menerus dan tindakan mitigasi yang tepat. Selama ini pula, TNI Angkatan Laut telah secara aktif terlibat dalam menjamin kepentingan maritim Indonesia, terutama pada pelaksanaan tugas sesuai amanat Undang-Undang.

Mewujudkan sebuah kekuatan Angkatan Laut yang profesional dan modern lanjut Kasal, tentunya dimulai dari bidang perencanaan pembangunan kekuatan. Modernisasi alutsista yang ditujukan untuk mencapai kesiapan tempur telah ditata dalam perencanaan strategis Angkatan Laut 5 tahun kedepan dalam kerangka kekuatan Angkatan Laut yang selalu siap dioperasionalkan atau dikenal dengan operational ready force.

Kesiapan ini hanya bisa dicapai dengan pemenuhan personel yang profesional di bidangnya, pemenuhan senjata dan amunisi sesuai bekal pokok, kelengkapan sarana dan prasarana, serta dukungan logistik terpadu.

‚ÄúDengan demikian, TNI Angkatan Laut diharapkan akan mencapai postur yang diharapkan baik secara kualitas maupun kuantitas,” terangnya.

Publish : Basori Adnan
Sumber : Dispen Lantamal V