Sepak Terjang Bripda Elverdha Oviany Megananda ‘Cobra Betina’ Polres Lumajang

62

LUMAJANG, SENTRAL ONE.COM – Tim Cobra memang fenomenal dan sudah tersohor di mata masyarakat Jawa Timur, khususnya di Kabupaten Lumajang.

Namun, tidak banyak yang tau bahwa Polres Lumajang juga memiliki Cobra Betina yang tak kalah tangguh juga dengan Tim Cobra yang didominasi kaum lelaki.

Dia adalah Bripda Elverdha Oviany Megananda.

Polwan yang biasa dipanggil Nanda ini bertugasi di Satuan Reserse Narkoba Polres Lumajang.

Dalam upaya penangkapan para pelaku penyalahguna obat terlarang, Nanda sering berhadapan dengan tersangka yang berusaha kabur atau melawan kepada petugas.

Pada penangkapan di TKP depan Dealer Kawasaki tahun lalu Nanda harus adu otot dengan target operasi (TO) yang akan ditangkap.

Karena pelaku berusaha kabur, Nanda terpaksa membanting si tersangka dan melakukan teknik kuncian untuk melumpuhkan agar pelaku tidak dapat bergerak karena postur tubuh pelaku lebih besar dari nanda, sedangkan anggota lainnya berusaha menangkap TO yang lain di TKP.

Pencetus Tim Cobra sekaligus pemegang tongkat kepemimpinan Polres Lumajang AKBD DR. Muhammad Arsal Sahban, SH., SIK., MM., MH., menjelaskan bahwa Tim Cobra tidak hanya beranggotakan polisi laki-laki, namun ada juga polisi wanita yang menjadi anggota Tim Cobra.

Biasanya orang mengenal Tim Cobra adalah sosok lelaki gagah berani yang siap berhadapan dengan para pelaku kejahatan. Namun, ada seorang Cobra Betina yang tak kalah beraninya dengan Tim Cobra yang didominasi kaum Adam.

Nanda adalah sosok polwan yang teguh dalam dalam menumpas kejahatan. dalam kesatuannya yakni Satuan Reserse Narkoba Polres Lumajang, dirinya dikenal berani dan tegas dalam menangkap penjahat.

“Bahkan meski dirinya adalah wanita, Nanda tidak gentar menghadapi pelaku yang berusaha melawan petugas. Berbekal ilmu beladiri Judo yang dipelajari di Pusat Pendidikan, Nanda berhasil melumpuhkan para penjahat” ujar Arsal di Polres Lumajang, Senin (2/9).

Terpisah, Nanda anggota Tim Cobra Polres Lumajang mengatakan bahwa sebagai seorang polisi dirinya sudah seharusnya melakukan tugas dalam menegakkan hukum di wilayah Polres Lumajang,

“Selama saya benar maka keadilan harus ditegakkan dan saya tidak takut melawan para penjahat. Jangan karena saya wanita, saya bisa disepelekan karena semut pun jika merasa dirinya terancam dapat berbahaya dan mematikan,” ujar Nanda salah seorang Cobra Betina diantara barisan lelaki di Tim Cobra.

Publish : Hery Setia