Tingkatkan Layanan, Ini Aktifitas Satlantas Polres Banjar di Hari Libur

15
Anggota Satlantas Polres Banjar ketika sedang melaksanakan tugas mengatur arus lalulintas di wilayah hukum Polres Banjar, Minggu (14/4).

MARTAPURA, SENTRAL ONE – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Banjar tidak mengenal hari libur.

Sebagai anggota Satlantas Polres Banjar, mereka harus siap melakukan tugas melayani masyarakat agar masyarakat dapat melaksanakan aktifitas di hari libur dengan nyaman dan lancar.

Dengan begitu, diharapkan masyarakat yang sedang menikmati hari libur bersama keluarga dapat merasakan manfaat kehadiran polisi.

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan anggota Satlantas Polres Banjar Banjar adalah dengan melakukan pengaturan arus lalulintas di Jalan A. Yani KM 42 yang terjadi kepadatan arus lalulintas dikarenakan adanya pesta hajatan warga.

“Anggota Satlantas Polres Banjar selalu siaga dan siap melayani masyarakat dalam hal kelancaran arus lalulintas di wilayah hukum Polres Banjar, seperti yang dilakukan oleh Brigadir Ronny yang melaksanakan pengaturan arus lalulintas di Jalan A Yani KM 42 yang terjadi kepadatan karena adanya kegiatan warga,” kata Kasat Lantas Polres Banjar AKP Indra Agung Perdana Putra, SIK., melalui keterangan tertulisnya, Minggu (14/4).

Selain melaksanakan pengaturan lalulintas Brigadir Ronny juga memberikan imbauan kepada warga agar menjaga konsentrasi selama mengendarai kendaraan bermotor.

Sementara Brigadir Ronny melakukan pengaturan lalulintas, Aipda Subianto anggota Satlantas Polres Banjar yang lain juga melaksanakan patroli di hari libur.

Patroli meliputi wilayah yang rawan terjadi kemacetan akibat penggunaan badan jalan sebagai tempat parkir kendaraan bermotor.

“Selain Brigadir Ronny, anggota Satlantas Polres Banjar Aipda Subianto juga melaksanakan tugas di hari libur, dengan melaksanakan patroli serta memberikan imbauan agar tidak menggunakan badan jalan sebagai tempat parkir kendaraan bermotor baik roda dua maupun empat, karena dapat mengganggu kelancaran arus lalulintas,” terang AKP Indra.

Selain itu, Aipda Subianto juga mengingatkan para pengendara agar mematuhi rambu lalulintas, untuk mencegah serta meminimalisir terjadinya kecelakaan lalulintas.

Pemantauan arus lalulintas juga dilakukan Satlantas Polres Banjar melalui CCTV MTC yang ada di pos 900 Satlantas Polres Banjar.

“Jadi, setiap ada kepadatan atau gangguan arus lalulintas petugas bisa langsung memantau melalui CCTV TMC Polres Banjar, untuk kemudian langsung terjun ke lokasi untuk melakukan tindakan,” terang Kasat Lantas Polres Banjar.

Ditambahkan Kasat Lantas Polres Banjar, kegiatan di hari libur juga dilakukan dengan membantu masyarakat yang butuh pertolongan pihak kepolisian.

Bentuk bantuan yang diberikan, tergantung dengan kejadian yang terjadi selama petugas Satlantas Polres Banjar melakukan patroli atau ketika sedang melakukan pengaturan arus lalulintas.

“Bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan, anggota kami juga siap memberikan pertolongan, seperti membantu mendorong mobil warga yang sedang mogok, hingga membantu masyarakat yang kesulitan untuk menyeberang jalan,” imbuh Kasat Lantas yang baru saja merayakan hari lahirnya itu.

Basori Adnan