WNA Asal Amerika Divonis 4,6 Tahun Penjara

27
Terdakwa Alex Daniel Gems ketika menjalani persidangan di ruang sidang Garuda 1, Pengadilan Negeri Surabaya, Kamis (28/3).

SURABAYA, SENTRAL ONE.COM – Pengadilan Negeri Surabaya menggelar sidang putusan tindak pidana narkoba dengan terdakwa Warga Negara Asing (WNA), Alex Daniel Gems (29) asal Illinois Amerika Serikat, Kamis (28/3).

Sidang kali ini dengan agenda mendengarkan pledoi oleh kuasa hukum terdakwa.

Persidangan digelar di ruang Garuda1 dengan Anne Rusiana.SH.MH, selaku Ketua Majelis Hakim, sementara terdakwa di dampingi tim kuasa hukumnya yakni Syamsoel Arifin, SH., dan Rudi, SH., dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Orbit.

Setelah pembacaan nota pembelaan (pledoi) oleh kuasa hukum terdakwa, kemudian giliran Majelin Hakim membacakan surat putusan.

Dalam amar putusannya, Majelis Hakim menyatakan bahwa terdakwa Alex Daniel Gems dinyatakan bersalah melakukan tindak pidana penyalahgunaan narkotika jenis ganja.

“Mengadili dengan ini Majelis Hakim memutuskan untuk menjatuhkan pidana penjara terhadap terdakwa Alex dengan pidana penjara selama empat tahun enam bulan, denda sebesar Rp 1 millyar apabila tidak dibayar maka diganti dengan (1) satu bulan kurungan,” kata Majelis Hakim dalam amar putusannya.

Adapun putusan (vonis) tersebut dinilai lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Ali Prakosa, SH., yang sebelumnya menuntut terdakwa dengan pidana penjara selama lima tahun, denda Rp 1 millyar serta subsider tiga bulan penjara.

Setelah membacakan amar putusan, Hakim menjelaskan kepada terdakwa bahwa dirinya telah divonis 4,6 tahun penjara.

“Kamu divonis empat tahun enam bulan, kamu boleh terima, pikir-pikir, atau banding, silahkan kamu koordinasi dengan kuasa hukummu,” ujar Majelis Hakim.

Setelah berkoordinasi dengan kuasa hukumnya, terdakwa selanjutnya kembali ke tempat duduknya sembari mengatakan, “Terima, saya terima putusan ini pak Hakim,” kata terdakwa, yang kemudian di ikuti dengan kata yang sama oleh jaksa Ali Prakosa.

Seperti diketahui pada sidang sebelumnya, bahwa pada hari Senen 19 Nopember 2018 sekitar pukul 21.00 wib, terdakwa ditangkap Anggota Polsek Wonocolo, Polrestabes Surabaya di wilayah Jalan Tenggilis Mejoyo Utara, Surabaya.

Ketika itu, terdakwa berboncengan sepeda motor dengan temannya yang bernama Edi Purwanto alias Komeng.

Ketika dilakukan penggeledahan, petugas menemukan barang bukti berupa dua linting ganja dengan berat masing-masing 1,36 gram, dan 0,66 gram.

Selanjutnya, terdakwa beserta barang bukti diserahkan ke Mapolrestabes Surabaya guna penyidikan lebih lanjut.

Kemudian oleh petugas Satresnarkoba Polrestabes Surabaya dilakukan pengembangan di tempat tinggal terdakwa yang berada di Apartemen Metropolis Tower B, Lantai 16 nomor 1609.

Saat digeledah, petugas kembali menemukan barang bukti berupa satu bungkus plastik berisi biji ganja seberat 0,36 gram, satu linting ganja seberat 0,68 gram,  satu poket sabu seberat 0,52 gram, yang ditemukan di dalam kamar terdakwa.

Dalam perkara ini terdakwa dijerat JPU sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam pasal 114 ayat (1) jo pasal 132 ayat (1) Undang Undang RI nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika.

Publish : Hery Setia